Satwa Unik
Jun
7

Kura Kura Terbesar Di Dunia

Penyu Belimbing (Dermochelys Coriacea) .

Tukik yang baru menetas beratnya kurang dari 200 gram, tapi setelah dewasa bisa mencapai 600-900 kg. Tukik yang baru menetas berenang ke laut lepas dan baru kembali ke darat setelah berat badannya mencapai sekitar 600 kilogram, untuk bertelur. Hanya penyu betina dewasa yang naik  ke daratan selama sekitar tiga jam dalam setiap masa bertelur untuk meletakkan 60-120 telurnya, lalu kembali ke laut, dan naik lagi ke daratan untuk bertelur 2-3 tahun kemudian.

Kura Kura Galapagos (Geochelone elephantopus).

Kura kura Galapagos adalah spesies kura kura terbesar yang masih hidup. Beratnya mencapai lebih dari 400 kilograms dan panjangnya mencapai 1.8 meters. Selain itu, kura kura ini juga memiliki umur terpanjang dari semua jenis hewan bertulang belakang. Jika hidup di alam liar, kura kura ini bisa mencapai umur 100 tahun, dan kura kura tertua diperkirakan mencapai umur 170 tahun. Spesies langka ini diperkirakan jumlahnya hanya tinggal 20.000 ekor.

Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | 8 Comments »

May
9

Pig Nosed Turtle, populasinya menurun drastis

Populasi kura-kura hidung babi atau pig nosed turtle menurun jauh dalam 30 tahun terakhir ini di daerah Papua. Jumlah kura-kura ini turun drastis karena dikonsumsi daging dan juga telurnya. Hal inilah yang membuat spesies ini terlalu banyak diburu dan ditangkap penduduk setempat. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | No Comments »

Apr
20

Populasi Penyu menurun gara gara jamur

Javier Diéguez-Uribeondo dan Adolfo Marco dari Consejo Superior de Investigaciones Cientificas-CSIC Spanyol  mengatakan bahwa dalam tiga puluh tahun terakhir, mereka menyaksikan penurunan jumlah pantai tempat bertelur penyu laut di seluruh dunia. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | No Comments »

Mar
6

Menu untuk Kura kura

Kura kura yang kekurangan gizi bisa teserang berbagai macam penyakit, begitu juga kalau kura kura terlalu banyak mengkonsumsi protein. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | 2 Comments »

Jan
13

Breeding RedFoot Torto

Red footed tortoise (Geochelone Carbonaria) dikenal dengan nama Jabuti di Brazil dan Morrocoy di Venezuela. Sering kali amanya disingkat jadi Redfoot aja, Redfoot berasal dari Amerika Selatan dan sangat populer sebagai reptile peliharaan. Nama redfoot sudah bisa ditebak didapatkan dari warna merah atau oranye yang terdapat pada tempurung dan sebagian kepala & ekornya. Satwa unik ini termasuk dalam  Appendix Cites II (Convention of International Trade Endanger Species), yang artinya binatang ini tidak boleh di expor dari negara asalnya tanpa surat ijin. Redfoot punyai kerabat yang berukuran lebih besar yaitu Yellow footed tortoise (Geochelone denticulata) yand dikenal juga sebagai Brazilian Giant tortoise. Redfoot bisa mencapai usia 40 sampai 50 tahun jika dipelihara dengan benar. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | 1 Comment »

Nov
16

Bayi penyu terlantar di acara ‘Clean Ocean fot the Future’

Sungguh ironis.. Sekitar 300 ekor tukik yang seharusnya dijadwalkan untuk acara pelepasan pada puncak Sail Wakatobi-Belitong baru baru ini terpaksa telantar akibat sejumlah kesalahan koordinasi. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | No Comments »

Oct
27

Hawkbills, Penyu Bersisik

Berita yang lumayan menyenangkan datang dari tim peneliti yang dipimpin oleh Alexander Gaos dari San Diego State University. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | No Comments »

Oct
7

Nenek nenek punya anak lagi

Baru baru ini di New South Wales, seekor kura-kura Galapagos betina berumur 90 tahun mempunyai seekor bayi kura-kura mungil yang diberi nama NJ. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | No Comments »

Oct
5

Kura kura ganti kulit nggak?

Kura kura adalah sejenis reptil dan semua jenis reptil pasti akan sering melakukan proses penggantian kulitnya. Mungkin pecinta reptile sudah sering melihat ular atau kadal yang berganti kulit. Pada kadal atau ular, pergantian kulit terlihat mudah karena semua bagian tubuh kedua jenis hewan tersebut tertutup kulit yang pada semua bagiannya akan ditanggalkan dan diganti dengan kulit baru. Read the rest of this entry »

Posted in Informasi Umum | 2 Comments »

Oct
4

Cara Menangani Kura Kura Hamil

Punya kura kura yang lagi hamil & siap bertelur? Bingung cara mengetahui bagaimana ciri ciri kura kura hamil? Baca artikel ini yah, siapa tau bisa bantu. Gravid turtle adalah istilah yang diberikan kepada kura kura yang sudah siap untuk bertelur. Tentu saja kura kura yang hamil dan siap bertelur adalah kura kura betina yang sudah kawin dengan kura kura jantan. Karena sama seperti mamalia yang sedang menstruasi, burung dan reptile juga mengalami hal yang sama, termasuk kura kura, tapi kura kura akan mengeluarkan telur dan bukan darah seperti pada umumnya mamalia. Telur telur tadi adalah telur telur yang tidak subur kareana tidak akan pernah menetas jika tidak ada penjantannya. Hal ini biasa terjadi pada kura kura yang kira kira berusia 3 hingga 5 tahun dimana pada umur ini, kura kura sudah dianggap dewasa secara seksual.

Bagaimana cara mengetahui kalo kura kura betina milik kita akan bertelur? Gampang gampang susah sih, tapi perhatikan aja gelagatnya yang tiba tiba berubah drastis dari kebiiasaannya sehari hari. Biasanya kura kura jadi ngga punya nafsu makan. Makanan apapun yang disediakan di kandangnya akan dicuekin ajan selama berhari hari. Jangankan dimakan, ditoleh juga nggak.. Hehe.. Terus, kura kura jadi hiperaktif. Kura kura akan naik turun di tempatnya biasa berjemur (jika ada) sepanjang hari, bahkan di beberapa kasus, kura kura juga melakukan hal ini di malam hari dimana biasanya digunakan untuk tidur. Ciri selanjutnya, saat dilepas di darat, kura kura akan menjelajahi seluruh bagian rumah tanpa henti. Ini dikarenakan kura kura lagi nyari tempat yang strategis buat bertelur. Kalo kura kura mulai menggaruk garuk ubin atau tumpukan kain dengan kaki belakangnya, nah udah ada kemungkinan besar kura kura lagi hamil. Untuk memastikan kalo kura kura benar benar akan bertelur, bisa diperiksa dengan cara memasukkan jari ke ruang di kaki belakangnya dan rasakan telurnya yang bergerombol. Hal ini harus dilakukan dengan EXTRA HATI HATI karena kalo sampai telurnya pecah di dalam, kura kura kesayangan kita bisa mengalami infeksi di dalam perutnya dan jika tidak segera ditangani bisa berakibat kematian.

Jika sudah yakin kura kura akan bertelur, ada beberapa hal yang perlu disiapkan.  Kura kura akan mencari tempat yang dipikir aman untuk digali dan untuk menyimpan telurnya. Akan sangat bagus kalo anda punya taman, biarin aja kura kura berkeliaran di taman dengan catatan, awasi kura kura anda.

Kalo di rumah ngga ada taman, siapkan kotak bertelur yang diisi campuran pasir dan tanah. Letakkan kura kura di kotak berisi campuran pasir dan tanah dan diamkan disana selama 3 hingga 5 jam dalam sehari, lakukan berulang ulang sampai kura kura bertelur. Biasanya kura kura yang aktif ingin bertelur menjelang malam atau pagi hari. Kalo kita ngga bisa mengawasi kura kura kita di taman sepanjang waktu, tutupilah kura kura yang sedang berdiam di lubang galiannya dengan ember yang agak besar dan tindihi dengan batu supaya tidak lari dan aman dari gangguan hewan hewan lain di sekitar taman.

Kadang sudah disiapkan tempat untuk bertelurpun kura kura tetap ngga mau bertelur karena beberapa hal. Kalo ngga bisa bertelur, kura kura bisa mengalami egg bind yang artinya kura kura tidak mampu mengeluarkan telurnya dan akan terus menyimpan telur telurnya di dalam perutnya. Jika dibiarkan, lama lama telur telur tersebut akan membusuk dan menyebabkan infeksi bagian dalam. Satu satunya cara untuk menolong kura kura yang megalami egg binding adalah dengan mengoperasinya. Jika tidak dioperasi, kura kura dipastikan akan meninggal. Kadang kadang ada juga kura kura yang tak bertelur di lubang yang digalinya tapi lebih memilih bertelur di dalam air atau diletakkan begitu saja di tanah tanpa menggali. Mudah mudahan info di atas bisa sedikit membantu bagi yang memelihara beberapa kura kura dan ingin mengetahui kura kuranya hamil atau tidak, dll.

Posted in Informasi Umum | 3 Comments »

« Previous Entries