Steppe Runner Lizard Care Sheet Pt.1

Steppe Runner Lizard atau kadal yang bernama ilmiah Eremias arguta ini memiliki habitat asli di Rumania, Ukraina & Rusia. Kadal ini memiliki warna yang bervariasi dari cerah hingga ke warna yang lebih gelap, dengan pola yang lebih kontras pada beberapa spesimennya. Bayi Steppe lizard menetas dari telur dan memiliki panjang sekitar 2 inci, sangat kecil untuk ukuran bayi kadal, tapi kelamaan akan tumbuh dan semakin membesar jika dipelihara dengan baik dan benar. Ukuran kadal steppe dewasa yang sedang bisa mencapai 6 inci. Kandang steppe lizard harus memiliki gradasi suhu dengan panas dan dingin id masing masing sisi kandang. Gunakan dua thermometer di masing masing sisi supaya bisa terus mengetahui suhunya.

Steppe runner lizard termasuk reptil peliharaan yang keren untuk reptile pemula maupun yang udah senior. Steppe runner lizard mudah ditangani untuk ukuran kadal yang kecil yang biasanya cenderung sifatnya agak ‘lincah’ alias ngga mau diem..

Kalau kebanyakan kadal kecil sifatnya pemalu & sulit untuk ditangkap, Steppe runner lizard selalu siap makan dari tangan pemiliknya, dan jangan heran kalau kadal ini juga suka melingkar di telapak tangan kita dan memanfaatkan hangatnya telapak tangan manusia.

Saat ini (bualn April 2012), Steppe runner lizard masih tergolong baru untuk bisnis reptil. Tapi spesies ini sejauh ini sudah diternakkan dengan baik di penangkaran, dan Steppe runner lizard CB hamper selalu tersedia untuk pasar, sama seperti kadal2 import.

Bayi Steppe runner lizard CB tersedia sepanjang tahun. born babies are available all year. Bayi bayi Steppe runner lizard  ini punya lebih sedikit masalah kesehatan jika dibandingkan dengan Steppe runner lizard import yang sudah dewasa. Steppe runner lizard  dewasa jauh lebih kuat. Steppe runner lizard  yang sehat akan terlihat aktif dengan mata yang terbuka lebar dan selalu penasaran dengan lingkungan sekitarnya.

Kalau mau membeli Steppe runner lizard, periksa telinganya yang terbuka, pastikan juga tidak ada sisa kulit shedding yang tertinggal di jari jarinya dan perhatikan juga pennampilan keseluruhan kadal ini.

Steppe runner lizard sendiri bukan jenis kadal yang harganya mahal. Di Us, harganya berkisar antara 30 hingga 50 USD. Karena peternak biasanya tidak berhenti di satu morph, maka aka nada banyak warna dan pola yang membuat kadal ini harganya jadi makin mahal.

Steppe Runner Lizard memang baru dalam komunitas reptile, jadi umur rata ratanya belum bisa diketahui. Tapi diperkirakan kadal ini bisa hidup hingga 10 tahun di penangkaran.

Untuk kandangnya, bayi Steppe Runner Lizard bisa ditempatkan pada terrarium khusus untuk reptile atau di dalam aquarium ukuran 10 galon dengan tutup di atasnya.

Sebuah kandang dengan dimensi lantai berukuran 10 inci kali 20 inci sudah cukup besar bagi kadal ini, walaupun semakin besar kandang akan semakin baik.

Steppe runner adalah hewan terrestrial dan lebih menyukai tinggal di dasar kandang daripada di bagian atas atau daerah yang bisa dipanjat. Bebatuan merupakan tempat mereka bersembunyi dan juga berjemur. Saat menyusun bebatuan di terrarium, pastikan batu batu tadi tersusun dengan aman hingga tidak longsor atau menjatuhi kadal ini. Kelompok kecil steppe runner bisa ditempatkan di kandang yang lebih besar. Sediakan banyak tempat untuk bersembunyi dan berjemur untuk menghindari perebutan teritori. Sangat disarankan untuk memelihara satu saja kadal jantan dalam tiap kandang yang berisi kadal betina.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.