Satwa Unik
May
11

Si Tegu Merah

Red Tegu.. Untuk memelihara kadal predator yang bisa tumbuh besar ini, kandang yang besar sangat disarankan. Ukuran kandang minimal panjangnya 4 kaki & lebarnya 2 kaki. Kandang outdoor akan lebih bagus lagi. Tapi harus benar benar diperhatikan untuk kandang outdoor ini. Mengubur atau menanam tembok setidaknya dua kaki dalamnya untuk mencegah red tegu menggali dasar kandang & kabur, karena di alam liar, red tegu adalah hewan penggali yang sangat kuat yang bisa membuat liang atau gua kecil yang dalam  yang digunakan untuk beristirahat  juga untuk sarang tempat bertelur. Jangan remehkan kemampuan red tegu untuk menggali lubang atau menata kandangnya dengan asesoris yang tidak terlalu penting karena red tegu akan cenderung mengeksplorasi kandangnya.

Red tegu juga hewan yang rakus, mereka akan menyerang & memakan apa aja yang bergerak & bisa masuk ke mulut mereka. Tegu makan segala macam makanan, dari binatang pengerat, burung, telur, reptile lain, amfibi, serangga besar& juga buah buahan dan sayur sayuran. Dengan kata lain, red tegu bukanlah peliharaan yang suka pilih pilih makanan.. Rakus banget, coy.. Tapi perlu diingat, keragaman makanan untuk red tegu adalah kunci untuk menjaga kesehatannya.

Sediakan tempat untuk berjemur bagi red tegu sehari hari setelah mereka muncul dari persembunyiannya di malam  hari. Air juga harus disediakan tiap hari karena air sangat penting untuk red tegu. Sediakan air di tempat yang berat dengan ganjalan batu di sekelilingnya hingga tempat air tidak bisa terbalik atau tumpah. Untuk sobstrat atau alas, semua benda yang biasa digunakan untuk alas tidak jadi masalah asalkan kotoran bisa terlihat. Tegu yang rakus akan sering buang air dan tegu akan mencari makanan lain di kotorannya jadi kebersihan harus benar benar dijaga. Bersihkan kandang begitu ada kotoran tegu.

Red Tegu biasanya akan melalui masa dormansi panjang di setiap musim dingin, jadi jangan khawatir jika selera makan mereka menurun dan mereka jarang keluar dari tempat persembunyian mereka untuk jangka waktu byang lumayan lama. Pastikan selalu menyediakan air bersih. Jika menurunkan suhu kandang memungkinkan, lakukan dan sampai musim semi, juga kurangi pencahayaan..

Posted in Informasi Umum | RSS Feed | No Comments »

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.