Satwa Unik
Apr
26

Sexing Iguana: Jantan vs. Betina

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pemilik iguana adalah: Bagaimana cara mengetahui jenis kelamin iguana?

Pemilik Iguana harus mengingat bahwa jenis kelamin iguana tidak bisa ditentukan sampai iguana mencapai usia dewasa secara sexual. Iguana remaja terlihat sama dan tidak akan memperlihatkan karakter jenis kelamin sampai pada umurnya.  Kematangan seksual pada iguana lebih pada fungsi ukuran dan bukan dari umur. Iguana jantan biasanya akan dewasa secara seksual saat mencapai sekitar 15 cm diukur dari moncong hingga ke kloaka. Iguana betina biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang dan tidak akan matang secara seksual sebelum mencapai ukuran 25 cm.  Tergantung dari cara penanganan pada iguana, umur kedewasaannya kemungkinan sedikit bervariasi, tapi biasanya akan terlihat pada umur 1.5 hingga 2 tahun.

Pertanyaan lain adalah apakah ada keuntungannya memiliki lebih dari satu iguana yang berbeda jenis kelamin? Iguana jantan dan betina berbeda dalam banyak hal. Keduanya memiliki perbedaan yang akan menantang pemiliknya, terutama saat musim kawin.

 

Karakteristik Fisik Iguana Jantan:

Saat dewasa, iguana jantan menunjukkan beberapa tambahan karakteristik seksual. Salah satu hal yang paling mudah diidentifikasi adalah otot rahang yang besar pada kedua sisi rahang bawah, di bawah telinga. Otot ini memproduksi rahang yang terlihat membengkak & besar. Iguana jantan memiliki kepala yang besar dan rahangnya membuat kepalanya tampak lebih besar lagi.

  • Iguana jantan juga memiliki semacam penyimpan lemak pada keningnya, dibalik mata & diatas telinga. Hal ini juga membuat ukuran kepala menjadi lebih besar.
  • Iguana jantan juga cenderung memiliki duri duri yang lebih panjang di sepanjang punggungnya, terutama di daerah sepanjang leher.
  • Indikasi lain yang menunjukkan iguana jantan adalah pori-pori besar yang terlihat di sepanjang bagian dalam paha. Pori-pori ini disebut pori-pori femoralis, selalu terlihat pada iguana jantan dan seringkali terisi dengan zat yang mirip lilin.
  • Dua karakteristik iguana jantan lainnya adalah tubuh yang besar, kokoh & lebih berat dari betina serta tonjolan di dekat pangkal ekor dimana terletak hemipenes.

 

Karakteristik Fisik Iguana Betina:

Cara termudah untuk mengidentifikasi iguana betina adalah dengan tidak terlihatnya karakteristik seksual sekunder iguana jantan. Kepala mereka lebih kecil dan lebih ramping, dan tidak memiliki simpanan lemak di belakang mata juga memiliki rahang yang lebih jelas. Sebagai tambahan, selain memiliki kepala yang lebih kecil, iguana betina juga memiliki pori femoral yang kecil yang tidak timbul tonjolan seperti pada iguana jantan. Iguana betina cenderung memiliki badan yang lebih panjang dan langsing dibandingkan dengan iguana  jantan & tidak terlihat tonjolan hemipenes  di dekat kloakanya.

Posted in Informasi Umum | RSS Feed | No Comments »

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.