Satwa Unik
Jul
14

Katak Pohon Spesies Baru

Para peneliti mengidentifikasi lima ekor katak yang ditemukan oleh salah seorang peneliti Conservation International. Salah satunya adalah Katak pohon yang biasa disebut Wowo oleh penduduk lokal di Pulau Papua. Katak ini  diklasifikasikan sebagai spesies baru dari genus Litoria dengan nama Litoria hunti. Katak hijau berukuran besar itu ditemukan di dataran rendah Pulau Papua, tepatnya di hutan sekitar Desa Utai, Provinsi Sandaun, bagian barat laut Papua New Guinea. Litoria hunti memiliki kemiripan dengan katak-katak sejenis khususnya Litoria graminea dan Litoria infrafrenata yang ditemukan di kaki Gunung Foya di Provinsi Papua, Indonesia. Panjang tubuhnya antara 5,7 cm hingga 6.5 cm dengan jari-jari kaki yang seluruhnya diselimuti selaput.

Spesimen L. hunti rata-rata memiliki warna tubuh yang seragam dengan pola yang didominasi warna hijau daun. Warna punggungnya mengalami degradasi dari hijau di bagian kepala hingga ke kuning-oranye di tubuh bagian bawah. Di antara batas warna tersebut terdapat bercak-bercak berbentuk garis berwarna putih.

Bagian luar lengan dan kakinya juga berwarna hijau. Sedangkan permukaan kaki yang menghadap ke dalam berwarna oranye. Sepanjang tepi bibir, kaki dan lengannya berwarna putih. Lingkaran luar matanya berwarna oranye-merah dan bagian dalam yang mengelilingi pupil berwarna putih. Bagian permukaan luar telinga atau tympanum yang berfungsi menerima rangsangan getaran suara untuk diteruskan ke bagian dalam telinga didominasi warna hijau, kecuali di bagian yang berbentuk tapal kuda yang transparan.

Litoria hunti adalah spesies katak pemanjat, maka dari itu suaranya sering kali terdengar dari cabang cabang pohon setinggi 5 hingga 8 meter. Tapi spesimen yang dijadikan sampel utama penelitian melakukannya di ketinggian sekitar 1,5 meter pada sebuah rawa. Ini menunjukkan bahwa Litoria hunti berkembang biak di wilayah basah dekat dasar hutan.

Katak hijau dari genus Litoria tergolong jenis katak Melanesia. Sebelumnya, empat katak sejenis dari genus Litoria telah ditemukan di wilayah tersebut. Selain Litoria graminea dan Litoria infrafrenata, juga ditemukan jenis Litoria caerulea dan Litoria sanguinolenta.

Posted in Informasi Umum | RSS Feed | 1 Comment »

One Response

  1. Eviyanti Tri Yulia Sari Says:

    unik deh !!!!!!!!!!!!!

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.