Satwa Unik
Oct
4

Cara Menangani Kura Kura Hamil

Punya kura kura yang lagi hamil & siap bertelur? Bingung cara mengetahui bagaimana ciri ciri kura kura hamil? Baca artikel ini yah, siapa tau bisa bantu. Gravid turtle adalah istilah yang diberikan kepada kura kura yang sudah siap untuk bertelur. Tentu saja kura kura yang hamil dan siap bertelur adalah kura kura betina yang sudah kawin dengan kura kura jantan. Karena sama seperti mamalia yang sedang menstruasi, burung dan reptile juga mengalami hal yang sama, termasuk kura kura, tapi kura kura akan mengeluarkan telur dan bukan darah seperti pada umumnya mamalia. Telur telur tadi adalah telur telur yang tidak subur kareana tidak akan pernah menetas jika tidak ada penjantannya. Hal ini biasa terjadi pada kura kura yang kira kira berusia 3 hingga 5 tahun dimana pada umur ini, kura kura sudah dianggap dewasa secara seksual.

Bagaimana cara mengetahui kalo kura kura betina milik kita akan bertelur? Gampang gampang susah sih, tapi perhatikan aja gelagatnya yang tiba tiba berubah drastis dari kebiiasaannya sehari hari. Biasanya kura kura jadi ngga punya nafsu makan. Makanan apapun yang disediakan di kandangnya akan dicuekin ajan selama berhari hari. Jangankan dimakan, ditoleh juga nggak.. Hehe.. Terus, kura kura jadi hiperaktif. Kura kura akan naik turun di tempatnya biasa berjemur (jika ada) sepanjang hari, bahkan di beberapa kasus, kura kura juga melakukan hal ini di malam hari dimana biasanya digunakan untuk tidur. Ciri selanjutnya, saat dilepas di darat, kura kura akan menjelajahi seluruh bagian rumah tanpa henti. Ini dikarenakan kura kura lagi nyari tempat yang strategis buat bertelur. Kalo kura kura mulai menggaruk garuk ubin atau tumpukan kain dengan kaki belakangnya, nah udah ada kemungkinan besar kura kura lagi hamil. Untuk memastikan kalo kura kura benar benar akan bertelur, bisa diperiksa dengan cara memasukkan jari ke ruang di kaki belakangnya dan rasakan telurnya yang bergerombol. Hal ini harus dilakukan dengan EXTRA HATI HATI karena kalo sampai telurnya pecah di dalam, kura kura kesayangan kita bisa mengalami infeksi di dalam perutnya dan jika tidak segera ditangani bisa berakibat kematian.

Jika sudah yakin kura kura akan bertelur, ada beberapa hal yang perlu disiapkan.  Kura kura akan mencari tempat yang dipikir aman untuk digali dan untuk menyimpan telurnya. Akan sangat bagus kalo anda punya taman, biarin aja kura kura berkeliaran di taman dengan catatan, awasi kura kura anda.

Kalo di rumah ngga ada taman, siapkan kotak bertelur yang diisi campuran pasir dan tanah. Letakkan kura kura di kotak berisi campuran pasir dan tanah dan diamkan disana selama 3 hingga 5 jam dalam sehari, lakukan berulang ulang sampai kura kura bertelur. Biasanya kura kura yang aktif ingin bertelur menjelang malam atau pagi hari. Kalo kita ngga bisa mengawasi kura kura kita di taman sepanjang waktu, tutupilah kura kura yang sedang berdiam di lubang galiannya dengan ember yang agak besar dan tindihi dengan batu supaya tidak lari dan aman dari gangguan hewan hewan lain di sekitar taman.

Kadang sudah disiapkan tempat untuk bertelurpun kura kura tetap ngga mau bertelur karena beberapa hal. Kalo ngga bisa bertelur, kura kura bisa mengalami egg bind yang artinya kura kura tidak mampu mengeluarkan telurnya dan akan terus menyimpan telur telurnya di dalam perutnya. Jika dibiarkan, lama lama telur telur tersebut akan membusuk dan menyebabkan infeksi bagian dalam. Satu satunya cara untuk menolong kura kura yang megalami egg binding adalah dengan mengoperasinya. Jika tidak dioperasi, kura kura dipastikan akan meninggal. Kadang kadang ada juga kura kura yang tak bertelur di lubang yang digalinya tapi lebih memilih bertelur di dalam air atau diletakkan begitu saja di tanah tanpa menggali. Mudah mudahan info di atas bisa sedikit membantu bagi yang memelihara beberapa kura kura dan ingin mengetahui kura kuranya hamil atau tidak, dll.

Posted in Informasi Umum | RSS Feed | 3 Comments »

3 Responses

  1. Joani Says:

    Thx, for the information.
    Thats means a lot,.. :)

  2. Ani Ye ~ D Hantoro Says:

    makasih infonya kakak :D

  3. ifan Says:

    kalo tempatnya di sediakan pake wadah plastik bisa g??

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.