Satwa Unik
Feb
23

25 Kura kura yang hampir punah

Wildlife Conservation Society melaporkan dari 25 spesies kura kura paling terancam punah di dunia, beberapa diantaranya hanya tersisa kurang dari 5 ekor saja. Perburuan liar, kehilangan habitat & jual beli hewan ini benar benar mengurangi jumlah kura kura yang seharusnya dilindungi ini. Bisa bisa dalam 10 tahun ke depan, spesies kura kura akan benar benar punah.

Kura kura sudah diburu selama bertahun tahun di Asia. Populasi tiap spesies kura kura dan penyu di Asia terpengaruh oleh perdagangan kura kura & produk dari kura kura. Di salah satu pasar di Bangladesh, 100.000 kura kura disembelih untuk konsumsi pada hari raya disana.

Kura kura melindungi dirinya dari predator dengan bersembunyi di dalam tempurungnya, tapi tentu saja hal ini ngga berpengaruh buat perburuan oelh manusia secara besar besaran & terorganisir. Mungkin satu satunya kura kura yang terkenal yang ada di daftar ini adalah “Lonesome George,” yang dipercaya merupakan satu satunya kura kura raksasa Abdington Island. Spesies lain yang sangat mendekati kepunahan adalah kura kura Yangtze giant soft shell, yang hanya tinggal tersisa 4 ekor di seluruh dunia. 2 diantaranya (sepasang) sekarang berada di kebun binatang Suzhou, Cina, dimana sepasang kura kura ini dicoba dikawinkan.

Nah, ini dia list nya:

1.    Chelonoidis abingdonii

2.    Rafetus swinhoei

3.    Cuora yunnanensis

4.    Batagur baska

5.    Batagur trivittata

6.    Cuora zhoui

7.    Cuora mccordi

8.    Cuora aurocapitata

9.    Cuora trifasciata

10. Astrochelys yniphora

11. Geochelone platynota (Burmese star tortoise)

12. Chelodina mccordi

13. Chitra chitra

14. Mauremys annamensis

15. Dermatemys mawii

16. Erymnochelys madagascariensis

17. Batagur kachuga (The red-crowned roofed turtle)

18. Batagur affinis

19. Leucocephalon yuwonoi

20. Pseudemydura umbrina

21. Mesoclemmys hogei

22. Psammobates geometricus

23. Siebenrockiella leytensis

24. Podocnemis lewyana

25. Batagur borneoensis.

Kunci kelangsungan hidup spesies2 di atas adalah antara lain dengan melindungi habitatnya, menangkarkan kura kura & membuat hukum perdagangan yang lebih baik. Semoga..!

Posted in Informasi Umum | RSS Feed | No Comments »

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.