Satwa Unik
Mar
30

Makanan Iguana

Iguana memakan hampir semua buah atau sayur yang anda berikan kepada mereka, Tapi tidak berarti ini baik untuk iguana. Diet yang baik terdiri dari berbagai macam makanan/variasi dan bergizi. Bertentangan dengan kepercayaan yang ada bahwa selada Romaine adalah makanan yang buruk bagi iguana, sebenarnya  selada Romaine adalah pilihan yang lebih baik untuk makanan iguana, walaupun bukan yang terbaik. Iguana menyukai labu dan sejenisnya. Mereka juga suka makanan yg berwarna hijau. Bayam memiliki zat besi yang tinggi, tapi porsinya pemberiannya harus dijaga pada tingkat minimal karena dapat menghabiskan vitamin & mineral lain pada tubuh iguana anda.

Kembang sepatu adalah favorit iguana. Mereka juga menyukai jeruk, melon serta semangka. Iguana menyukai segala macam buah, tapi berhati-hatilah jika buah itu memiliki biji. Anggur yang dipotong & dibuang bijinya akan menyediakan kelembaban yang diperlukan.

Cek juga info lebih banyak ttg selada: http://id.wikipedia.org/wiki/Selada

Stable Diet (makanan pokok): Acorn Squash, Alfalfa, Butternut Squash, Cactus Leaves, Collard Greens, Dandelion Greens, Endive, Green Beans, Kabocha Squash, Mango, Mustard Greens, Okra, Papaya, Parsnip, Snap Peas, Turnip Greens, Yucca Root

Occasional (Makanan selingan): Apples, Asparagus, Bananas, Beets, Blackberries, Brussel Sprouts, Cabbage, Cantelope, Carrots, Cauliflower, Celery, Coriander, Cucumber, Honeydew, Kale, Kiwi Fruit, Mushrooms, Parsley, Peaches, Pears, Pumpkin, Spaghetti Squash, Spinach, Sweet Potato, Swiss Chard, Watermelon, Yellow Squash

Treats (makanan tambahan): Dahlia, Grapes, Hibiscus, Nasturtiums, Raspberries, Strawberries

Taste Enhancers (perangsang selera): Bell Peppers, Tomato

Cara terbaik untuk mempersiapkan makanannya adalah dengan food processor. Cukup tempatkan semua makanan didalamnya dan potong tergantung ukuran tubuh iguana (semakin kecil iguana, semakin kecil makanan yang harus diberikan). Iguana adalah makhluk yang cerdas. Mereka memilih makanan favorit mereka dan tidak akan mau memakan sisanya. Iguana tidak akan mendapatkan keseimbangan gizi yang dibutuhkan jika hanya makan makanan favoritnya. Sebelum memberikan makanan apa pun ke iguana, makanan harus ditaburi dengan vitamin untuk reptil. Iguana membutuhkan sejumlah kecil protein dalam makanan mereka. Anda dapat menyediakannya dengan salah satu cara dibawah ini.

1. Campurkan putih telur rebus yang dilumatkan dalam makanannya atau,

2. Berikan  jangkrik dan membiarkan iguana menangkap mereka.  Berburu dan memakan  jangkrik akan membuat iguana sedikit lebih agresif.

Aspek yang paling penting dalam pola makan iguana adalah keseimbangan.

Pastikan untuk memberikan vitamin dan berbagai macam makanan sehat. Jika iguana lesu atau mempunyai benjolan atau bahkan mulai lemas, bawa segera ke dokter hewan! Ini adalah tanda-tanda penyakit metabolik tulang. Penyakit ini adalah penyakit yang mematikan jika tidak segera dirawat oleh dokter. Iguana saya juga makan makaroni dan keju & kadang makan pizza serta donat dan jenis jajanan yg lainnya. Ini tidak akan membahayakan selama pola makan iguana seimbang. Anda bisa bereksperimen dengan berbagai makanan sehat dan mencari tahu apa yang paling disukainya. Anda selalu bisa mencampurkannya ke dalam makanan yang tidak begitu disukainya.

Posted in Animal Care | RSS Feed | 2 Comments »

2 Responses

  1. reggae Says:

    kalongasih makan iguana brp kali sehari ? tolong infonya

  2. kell Says:

    iguana saya type red iguana, dia kadang bisa pincang baik di daerah tangan ataupun kaki… mengapa ya? dan kelihatan sedikit lemas… trimakasih..

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.