Satwa Unik
May
3

Green Iguana ( Iguana iguana )

Nama: Iguana hijau

Nama Latin: Iguana iguana

Negara Asal: Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America. Iguana yang import kebanyakan dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico dan Suriname.Size: Iguana Dewasa bisa mencapai 1.8mtr

Umur: Apabila di pelihara dengan baik bisa mencapai usia 20 tahun..

Catatan: Banyak orang yang berpikir bahwa Iguana adalah hewan untuk pemula dalam pemeliharaan reptile, tapi sebetulnya itu adalah hal yang keliru. Iguana memerlukan penanganan yang serius yang biasanya diluar dari kemampuan pemula. Hal ini disebabkan kurangnya informasi dan pengetahuan yang menyebabkan Iguana mati sebelum dewasa. Dalam memelihara Iguana harus memperhatikan kandang, makanan.

Penampilan Umum: Iguana adalah hewan yang paling sering dikenal sibagai Kadal. Iguana memiliki lima jari di tiap kakinya,memiliki “jengger”. Semua jenis Iguana memiliki duri yang berada di sepajang punggungnya. Berbeda degan yang diketahui masyrakat bahwa warna iguana adalah hijau, semua juvenil mempunyai warna hijau, tapi setelah mereka dewasa,warna tubuhnya berubah menjadi coklat cenderung oranye dengan garis pada ekornya.

Kandang: 2.5 – 3.6 M Panjang x 1.2 – 1.5 lebar x 1.8 m Tinggi. Tempat minum harus disediakan di dalam kandang. Ranting untuk menajat atau pohon juga bisa disedikan di dalam kandang.

Temperature: Iguanas berasal dari tempat yang bersuhu tropic dan perlu tempat yang hangat, Suhu yang baik adalah 26 C s/d 29 C, tempat berjemur 32 C s/d 35 C. sebaiknya di kandang di pasang Thermometer untuk memantau keadaan suhu.

Panas dan Pencahayaan: Sinar UV baik untuk menjaga metabolism dan pertumbuhan tulang pada Iguana, Tanpa sinar ultra violet Iguana akan mudah sakit dan bisa menyebabkan kematian.

Alas: Iguanas sering kali menggunakan lidahnya untuk mengidentasi suatu benda maka alas yang berbahan dari serutan kayu tidak bisa digunakan karena akan menyebabkan tertelannya benda yang ada. Sebagai alas bisa digunakan Kertas koran atau kertas bekas, bisa juga di gunakan sejenis carpet karet atau bisa juga digunakan

Kelembaban: Kelembaban yang disukai adalah 65 % – 75 % . bisa digunakan pengairan yang menggunakan mesin atau pun bisa juga disemprot sehari dua kali untuk mempertahankan kelembaban.

Diet: Iguana adalah binatang pemakan tumbuhan. Sebaiknya untuk memberikan makanan dari bahan yang terbuat dari tumbuahn yang terdiri dari 40 – 45 % hijau –hijauan (collard,turnip,mustard,dandelion,escalore dan Cress) , Kemudian 40 – 45% adalah Sayuran (green bean, butternut, kabocha, snap dan atau peas, pasnip, asparagus, okra, alfalfa (yang matang bukan tunas ), onions, mushrooms, bell peppers, sweet potato, zucchini, yellow squash dan carrot ). 5 – 10 % adalah (Blackberris, strawberri, raspberri, grapes, manggo, melon, papaya, banana dan apel.) Tidak dianjurkan memberi makanan dari tanaman liar karena bisa menyebabkan iguana terkena penyakit.

Maintenance: Jagalah agar kandang selalu bersih, alas dan kandang bisa dibersihkan dengan pemutih dicampur air sebnyak 5 %, setelah itu disiram dengan air bersih agar sisa pemutihnya hilang, dan tidak meracuni Iguana. Selalu cuci sebelum dan setelah memegang iguana dan atau alat2.nya

Posted in Animal Care | RSS Feed | 128 Comments »

128 Responses

  1. agung Says:

    hub . 085733356922

  2. siff_satwaunik Says:

    Sorry bro, stok iguana kebetulan lagi ngga ada.. Ntar klo udah ada pasti di post disini.. Rajin rajin visit satwaunik.com aja ya, biar ngga kehabisan stok kalo ntar ada.. :)

  3. Meta sabila Says:

    aku baru nemu iguana kemarin, tak taruh di toples, aku lagi nyari kandangnya nih.. panjang iguana kira2 25cm(belom termasuk buntutnya,buntutnya panjang bro)
    but.. ada yang minat??

  4. agung Says:

    Saya cari Iguana Albino remaja n jinak utk wil Surabaya mohon dibantu kira” nyampai harga berapa dan yg bagus Laki atau Perempuan. Bisa email/no tlp.trims

  5. Dita Says:

    Aku punya iguana jantan nich, kira2 skrg umur’y sdh 2thn, aku pelihara dri kecil, aku tinggal di kost, jdi’y satu kmr dng ku, smpe tdr pun 1kasur…
    Kalo mau Buang air besar tiap pagi psti ke kmr mandi, kebetulan kost’y aku ada kmr mandi dlm…
    Dulu wrna’y hijau tpi sejak aku belikan iguana yg betina wrna hijau, skrg iguana jantan ku jadi wrna coklat, dlu’y jinak skrg mlh tmbh jinak dan sdh g mau tidur dng aku lgi, mau’y sma yg betina (jdi ada rsa cemburu nich hehehehehe)…
    Seneng’y mkn sawi hijau yg seger, sma ayam goreng….
    G ada tanda2 sakit, sehat n g agresif…
    Apa g pa2 kalo kulit’y jdi coklat.??
    Takut’y sakit, pdhl sdh dirawat dngn baik, di jemur setiap pagi…

  6. rudy Says:

    aq mo nanya ne,, aq kan punya iguana umuran3thn,, bli na c, mang dah gede,, dy makan na susah kudu disuapin dulu baru mo makan,, tw ga cara supaya dy doyan makan?? tolong y bales ke
    e-mail aq
    rudyiswahyudi@gmail.com

  7. runia Says:

    halo smua,saya dari malaysia..saya punya iguana umurnya lebih kurang 5 bulan..dia ngak mau mkan sayuran lain,dia cuma mkan kang kung aja..aq ngak tau apa yang dia mau makan….gi mana mau bagi dia makan sayuran lain….????tloong blas commentnya yaaa….

  8. cken Says:

    hye..mau tny,umur iguana ku sekitar 7 bulan..dulu jinak,tp sekarg asal d pegang dia akan mrh dn mula mngigit… Share kn info supaya tdk d gigit.

  9. riqo Says:

    satwa unik,maaf mau tanya saya punya iguana tapi kenapa ya aga galak kandang gitu ada yang tau cara menjinakanya ga?
    please fast reponse ya
    thank’s

  10. dhimas Says:

    wah thanks ya info nya saya baru beli iguana tai gak tau cara ngerawat nya heheheee

  11. dhimas Says:

    alasnya bisa diganti pasir atau kerikil gak?

  12. siff_satwaunik Says:

    Kalo kerikil sih bisa aja bro, tapi kalo bisa jangan pasir.. Takutnya kemakan ma iguanannya..

  13. siff_satwaunik Says:

    http://www.satwaunik.com/informasi-umum/cara-menjinakkan-iguana/

  14. reidika haris Says:

    gimana caranya membedakan iguana jantan dan betina ?? aku punya iguana umurnya 3,5 tahun umumnya umur segitu panjangnya berapa cm ??

  15. samuel Says:

    saya punya 2 green iguana hijau yang 1 betina sudah jinak umur nya sekitar 1 tahun,yang 1 lagi jantan tapi belum jinak kalau biasa nya saya kasi makan kangkung kalo yang lain bisa di kasi makan apa lagi yah?,tapi dia suka nyakar2 kalau mau di potong kuku nya dia gak mau
    thank’s samuel
    tolong di balas ke email ku ya

  16. siff_satwaunik Says:

    Untuk infonya bisa dibaca disini bro: http://www.satwaunik.com/animal-care/green-iguana-hijau/
    http://www.satwaunik.com/animal-care/makanan-iguana-2/
    http://www.satwaunik.com/informasi-umum/cara-menjinakkan-iguana/

  17. budi Says:

    permisi, sya mau minta bantuan…
    saya baru aja ditinggal mati iggy saya…
    saya mau nyari penggantinya…
    kalo boleh sya mau mnta info yang pya iggy baby utk dijual. pengen yg jantan biar sama ma yg udh tiada…
    kalo ada bsa lsg sms aj ke 085647505396.
    atas bntuannya sya ucapkan trmksh…

  18. Alpen Says:

    hye smua , , om saya mau tanya . . aku ketemu iguana . . ttpi aku heran dia tuh bunglon atau iguana . . ekornya panjang, jari disetiap kakinya ada 5 . . trus dia kok bisa agresif banget ya? abis itu pass aku wktu itu ktmu dia wrna nya masih hijau. . . skrg jadi coklat, , ,

  19. robbie Says:

    saya punya iguana,tp sy tdk tau makanan yg cocok untuk iguana.Baru skg sy tau makanannya,sebelumnya sy selalu memberi makanan seperti serangga (jangkrik,alat) kira2 ada efek samping utk iguana sy tdk…
    plz blz secepatnya ya bosss,thx atas infonya:)
    tlg kasih masukan lg ya bos,utk perawatan & juga tips buat kandang yg cocok utk iguana sy itu, dia msh kecil (uk. sekitar 20 cm)

  20. gery Says:

    buat sunnggana, aq minat ma iguana nya masih ada khan. gmn ketemu n transaksi?

  21. kim Says:

    Hi, bagaimana nak kira umur iguana ? Adakah umur nye macam manusia ke iguana cepat sikit ?

  22. ahsanal Says:

    pak/buk_ … Saya punya dua ekor baby iguana,entah jantan atoo betina.

    Sekarang sya kesuliatan atas perawatanya,karena yg satunya sakit di akibatka suatu organ tubuhnya matisaraf di jajari kaki depanya. Penyebabnya karena pertukaran kulitnya gak sempurna,ada pembengkakan kulit mati yg kering menebal di telapak tangan dan punggung tangannya. Gue merasa kasihan,harus gimana nih iguana gue sayangi. Gue bingung harus gimana,krana jari-jari tanganya yg mati tiga jari gue sngt menyesal krana gue kurang perhatian kusus,krana gue aktifitan gue sangat padat jd gue lengah ats peliharan kesayangan gue. Gue perdana dlm perawatan iguana.

  23. ahsanal Says:

    plese tulong bri gue kbr secepat nya ke alamat FACEBOOK gue, A.S. Erlangga…. aserlangga@ymail.com

  24. ojhy Says:

    Aku dah punya iguana yg ku beri nama oscar..jinak lagi.
    yg mau sharing2 soal iggy hub 085255155503..khusus mks

  25. wahyu Says:

    aku punya iguana yg masih kecil. Kalau mau di beri makan susah . Boleh minta tolong jelasin nggak gimana cara ngasih makannya. Dan gimana cara ngasih minumnya . Kalau bisa sertain foto tempat makan iguana
    balas di imail dibawah iniya :
    wahyuvivi91@yahoo.com

  26. fandy Says:

    saya org medan .. setahu saya disini ngga ada yg jual iguana .. tapi pengen banget punya iguana.. ada solusi ngga yya ?? 😀

  27. zakir Says:

    Saya ada iguana yang berumur 3 tahun, sudah sampai masa untuk proses mengawan, bagaimana cara penjagaan dalam musim mengawan kerana saya tidak punya yang jantan. Selera makannya pun sudah mula hilang, menjadikan aku risau… perlukan tunjuk ajar kepada yang berpengalaman

  28. ekonomi Says:

    Hi, I think your website might be having browser compatibility
    issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up! Other then that,
    terrific blog!

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.