Satwa Unik
May
3

Reticulated python ( Python reticulatus )

 

Nama: Reticulated Python

Nama Latin: Python reticulatus

Ukuran: Dewasa Jantan Panjang, 3.6 mtr -“ 4.8 mtr, Berat 40 – 100 pound, Dewasa Betina Panjang, 3.6 mtr – 6 mtr, Berat 80 – 250 pound

Umur Hidup: 20 Tahun

Pemberian Makan: Juvenile bisa diberi tikus kecil, yang besarnya kira kira dua kali lingkaran perut ular sekali seminggu. Dewasa (1.8mtr ) Tikus besar berat 1 pound. Sebagai selingan bisa diberi Kelinci, Hamster atau Ayam. Setelah pemberian makan ular jangan diangkat bisa menyebabkan muntah. Pemberian makan harus dikurangi setelah ular mencapai panjang 12 kaki – 14 kaki, Yaitu dengan 2 s/d 3 minggu sekali, disebabkan masa pertumbuhannya sudah mencapai maksimal.

Kandang: Kadang yang baik adalah yang luas dan bisa memberikan ular ruangan untuk bergerak. Ukuran sekitar 91.45 cm x 243 cm bisa dipakai segaian acuan untuk ukuran ular 6 m

Akesories: kotak persembunyian, tempat minum yang disesuaikan dengan ukuran ular.

Pemanasan: Sediakan tempat berjemur dengan suhu sekitar 33 C

Alas: kertas koran, mudah dan murah dalam pembersihaan.

Penanganan: Sangat disarankan penanganan yang maksimal pada ular apabila ular masih muda, karena aka memudahkan dalam penanganannya sewaktu ular menjadi agak besar dan dewasa.

Posted in Animal Care | RSS Feed | 82 Comments »

82 Responses

  1. siff_satwaunik Says:

    Klo baru aja nangkep, kemungkinan ularnya masih stress bro.. Biarin aja dulu sampe terbiasa ma lingkungan barunya, abis itu, kasih makan tikus rat yang putih atau ayam yang sedang. Ngga usah disuapin bro, ularnya bisa makan sendiri kok. hehe.. klo disuapin ntar malah tangannya mas bro yang disamber..

  2. jacki james potter Says:

    mau nanya nich ,saya punya retic umurnya baru 1 bln, tolong tips supaya ular retic cepat besar . dan tnya juga nich kalo kandang nya kedap udara boleh ngga,terus ularnya kagetan dan kadang gigit .kalo mkan slalu di suaping terus di dorong pke lidi . ga mau diem ularnya ohya mau tanya kalo umur 1 tahun kira2 panjangnya brapa ya””tolong jawabya soalnya saya baru plihara retic dan biasanya ular2 kecil

  3. jacki james potter Says:

    tanya nich tips supaya retic cepat besar makanya apa

  4. jacki james potter Says:

    mw anya nich saya punya ular retic matanya kaya kucing teruz dia kagetan dan suka gigit umurnya 1 bln gimana sih nanti klo udh besar apa masih gigit kan takut kalo dah besar mohon dijawab

  5. jacki james potter Says:

    owh ya soal kandang bisa mati ngga k’lo kandangya kedap udara terus mau tanya umur retic yang sudah siap reproduksi berapanya….?????????

  6. siff_satwaunik Says:

    Ular otomatis akan tumbuh besar & sehat kalo meliharanya bener bro.. Kasih makan rutin 3 hari atau seminggu sekali, kasih anak ayam atau tikus kecil, biarin aja dia makan sendiri, ga perlu disuapin apalagi didorong dorong pake lidi.. Bisa mati keselek tuh ular.. kasih air bersih di kandangnya buat minum.
    Kandang kedap udara? Kasian banget reticnya.. Semua makhluk hidup butuh udara buat nafas bro, termasuk ular.
    Beli deh kandang khusus ular, merk Nixxo atau Gex. Bentuknya kaya aquarium tp bahan acrylic. Tutupnya bolong2 jadi sirkulasi udara bagus.
    Ularnya kemungkinan besar stress tuh bro.. Udah ga bisa nafas krn ga ada udara, makan harus disodok sodok pula.. :(
    Buat jelasnya, baca artikel diatas deh, kan udah dijelasin semua tuh..

  7. Obay Says:

    Gan klo caranya bedain retic jantan ato betina gmana ya??? n ciri2 jantan ma betina gimana????

  8. wans thea Says:

    numpang share nih.. temen saya pernah beli retic di daerah bandung, reticnya udah jinak dan makan nya rutin seminggu sekali… suatu hari saya di titipkan ular tsb karena si pemiliknya sedang berlibur. sebagai “newbe” saya pun langsung bisa menghandle si ular sampai makan… 😀 3 tahun kemudian saya menangkap se ekor baby retic di belakang rumah tetangga saya… berawal dari pengalaman ular teman saya, saya tidak ragu2 lagi, saya langsung menangkap dan melilitkan si ular di tangan saya sambil maen remi bersama teman2 saya hehe keesokan harinya saya langsung hunting kodok untuk pakan untuk si ular.. tapi doi gak mau makan sampe saya kasian liat nya hari demi hari saya coba berbagai makanan seperti kodok, cicak, ati ayam, burung ciblek, dan gak ada satupun yang dimakan. :( setelah hari ke sepuluh, dore hari ada seekor kucing yang membawa induk tikus, langsung saya rebut.. hehe tapi si tikus terlalu besar untuk si retic, akhirnya saya penggal kepala si tikus saya diamkan di kandang ular… saya tunggu sampe ketiduran pas magrib saya bangun si kepala tikus sudah di dalam perut si ular, alhamdulillah… akhirnya retic saya mau makan juga heheh… dan sampai saat ini saya tidak berhenti searching di internet tentang penanganan ular… 😀

  9. rinaldi Says:

    Om , ular gue retic nih Betina usia 1thn , panjang 2,5 meter , sebaiknya berhenti diberi makan seminggu / duaminggu sekali pada usia berapa ? Takutnya overweight gitu hehe , kalo udah siap kawin biasanya usia berapa om ?
    Mohon infonya , thank’s a lot :)

  10. andryphyton Says:

    ak pnya ular phyton, tp ga mw mkn wlpun dh di ksh tikus kcil,tlong bntuanya, trimakasih.

  11. abdu Says:

    bang saya punya retic baby jawa di sisik nya ada parasit terus mulutnya sariawan cara penyembuhan sama obatnya apa ya bang ?

  12. siff_satwaunik Says:

    Buat sariawan biasanya kita pake Nutrimoist, diolesin ke bagian yang sariawan 2 kali sehari.
    Selama ini ngga ada efek samping dan tidak berbahaya bila tertelan. Kalo masalah parasit, biasanya ilang sendiri setelah shedding, tp coba aja mandiin pake air daun sirih..

  13. fathir Says:

    saya mua nanya nih gan saya baru pertama memelihara ular jinis retic pas saya beli memeng ular tu jinak tautaunya pas saya masukkin kekandang pas saya mau pegang ular itu menggigit saya dikira saya ular saya stress,saya tunggu tuh 3 hari tanpa pegang pas saya pegang lagi eh saya di gigit lagi gan.tu ular kenapa ya gan apa stess apa jarang di pegang?.pliss saran nya

  14. sakti Says:

    gan saya udah 2 minggu kmarin beli retic,masih baby.sudah saya piara 3 hari trus hilang,kira2 mau kembali apa enggak ya

  15. siff_satwaunik Says:

    Yah berdoa aja supaya bisa balik boss. :)

  16. ekocool putra kumai Says:

    q nemu ulr pyton tp msh kcil waktu q tmuin prutnya gembung,,,,it knp ya,,,,????trs q msukin kandang kira-kira ukuran 30×15 trus dia diam z q bingung makananya ap coz d sni susah nyari tikus……

  17. siff_satwaunik Says:

    Perutnya gembung ya paling abis makan tu.. Biarin aja di kandangnya, kasih air minum.. Kalo udah waktunya makan, kasih tikus, kalo susah nyari tikus, kasih burung atau anak ayam.

  18. kevin Says:

    bro maw tanya nie, ane kan abz bli retic java umur 1 bulan, tuw pertama – tama jinak banget, tpi akhir” nie mulai agx sensitif alias agx suka nyerang, need saran please, n thx

  19. Rudy Says:

    Saya baru sebulan memelihara retic. Yang ingin saya tanyakan : Saat ini berhubung si retic masih blm dewasa maka saya tidak kuatir jika ada kemungkinan diserang / digigit. Toh digigit ular kecil.
    Ular saya ini jinak sekali . Tetapi , akan ada harinya dia menjadi besar. Apakah retic umur setahun / dua tahun ( jinak ) tetap aman dan tidak menggigit jika kebetulan saya ada perlu keluar kota /keluar negeri selama 2 minggu tanpa ada kesempatan menghandle ular tsb ?
    Karena digigit ular besar jelas tdk sama jika digigit ular kecil.
    Thanks..

  20. Adink Says:

    Sis, aq mau nanya ne,aq kmarin nangkap Green tree phyton..pnjngx 1 Meter lebih…itu makanx apa?trus apa ularx itu minum tiap hri y?atw sma kyk makanx sminggu skali?thanks sis….

  21. siff_satwaunik Says:

    Wah, nangkep dimana bro..? Udah jarang banget tuh kalo bisa nemu gtp liar.. Ular ada yg minum tiap hari, ada yg ngga, selalu sediain aja air bersih di kandangnya, isi kalau habis, ganti kalo kotor..

  22. christopher. s Says:

    Sy mw tny klo pelihara retic kandangnya hrus ad propertinya seperti btang kayu dan tanah gk trus kan kandang yang sy pnya ad celah celahnya suka suka ular reticnya mencoba untuk terobos kandangnya sampe kepalanya lecet gmna caranya agr ularnya gk mencoba untuk terobos kandangnya ap itu termasuk gejala stress. Thk bwat jawabanya

  23. siff_satwaunik Says:

    Properti? Maksudnya asesoris kali ya? Ngga harus sih, tapi kalo ada ya lebih bagus. Lagian kan retic bukan ular pohon jadi ya sah sah aja ngga pake kayu di kandangnya. Ganti kandangnya dengan kandang yg layak, sediakan tempat minum dan tempat sembunyi buat ular. Bersihkan kandang klo kotor. Tempat sembunyi bisa dibuat dr pot plastik yg dilubangi, tergantung besar kecil ularnya.

  24. rizki pandu Says:

    dimanakh temat tinggal sanca kembang

  25. windan Says:

    Gan saya mau tanya..saya beli retik sekitar sebulan yg lalu..pertama mau di kasih makan trus pas 2 minggu kemudian saya kasih makan dia ga mau makan..malah si tikus nya di biarin aja!!kira” knp ya dan minta solusinya…thx

  26. rama Says:

    bos,mqu tnya,sy beli retic,kt nya dah jinak,tpi pas baru sampe,sy mau ambil,malah gigit,tu knp ya?
    dan apa si retic bisa kembali jinak klo udah beradaptasi?
    gmn cra jinakin nya,cz masih pemula.
    mohon bantuan nya ya.

    sekalian sy jual retic 150
    08999006569
    jaksel.

  27. Anggie Says:

    Gan, Retic aku umur 10bln, nggak mau makan hampir 3minggu :(
    Mau tanya, ukuran kandang ideal berapa?
    panjangnya 1,2m
    terima kasih.

  28. maya Says:

    permisi mau tanya..
    ak baru aja punya retic.. umurnya baru 5hari ..
    gimana nih cara peliharanya kalau masih sekecil ini..kata yang jual blm boleh dikasih makan jg..
    :p

  29. maya Says:

    permisi, mau tanya…
    saya baru aj beli retic umurnya baru 5hari,,
    bingung ni mau diapain,,
    kata yang jual blm boleh dikasih makan kalu belum shading to..
    kalau dikasih cicak boleh ga ya..hoho
    mohon bantuannya..
    ;p

  30. raziz Says:

    kenapa phyton retic gak mau makan kodok gan ?

  31. raziz mardiansyah Says:

    kenapa phyton retic gak mau makan kodok gan?

  32. ansha Says:

    aqhuw pnya ular retic ukrnny kira” 2m. cra jinakinny gmna y

    thnks

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.