Satwa Unik
May
3

Reticulated python ( Python reticulatus )

 

Nama: Reticulated Python

Nama Latin: Python reticulatus

Ukuran: Dewasa Jantan Panjang, 3.6 mtr -“ 4.8 mtr, Berat 40 – 100 pound, Dewasa Betina Panjang, 3.6 mtr – 6 mtr, Berat 80 – 250 pound

Umur Hidup: 20 Tahun

Pemberian Makan: Juvenile bisa diberi tikus kecil, yang besarnya kira kira dua kali lingkaran perut ular sekali seminggu. Dewasa (1.8mtr ) Tikus besar berat 1 pound. Sebagai selingan bisa diberi Kelinci, Hamster atau Ayam. Setelah pemberian makan ular jangan diangkat bisa menyebabkan muntah. Pemberian makan harus dikurangi setelah ular mencapai panjang 12 kaki – 14 kaki, Yaitu dengan 2 s/d 3 minggu sekali, disebabkan masa pertumbuhannya sudah mencapai maksimal.

Kandang: Kadang yang baik adalah yang luas dan bisa memberikan ular ruangan untuk bergerak. Ukuran sekitar 91.45 cm x 243 cm bisa dipakai segaian acuan untuk ukuran ular 6 m

Akesories: kotak persembunyian, tempat minum yang disesuaikan dengan ukuran ular.

Pemanasan: Sediakan tempat berjemur dengan suhu sekitar 33 C

Alas: kertas koran, mudah dan murah dalam pembersihaan.

Penanganan: Sangat disarankan penanganan yang maksimal pada ular apabila ular masih muda, karena aka memudahkan dalam penanganannya sewaktu ular menjadi agak besar dan dewasa.

Posted in Animal Care | RSS Feed | 82 Comments »

82 Responses

  1. lini Says:

    kalo ular retic berumur 10 bulan diberi makan ayam seberat 5ons itu cocok ato gak??
    pakan alternative nya kalo tidak cocok apa???

  2. lempay Says:

    ini bagus bwat kita pecinta reticulatus python

  3. kaisar_milan Says:

    boss…
    retic gw ga mau makan, kira” tau ga knp yakk???

  4. sandy Says:

    bro,…
    retic gw bru 2 bln
    dikasih mencit gk mau en
    gimana penanganannya?

  5. Meidy Aisyah Says:

    gw punya uler retic umurnya 3 bulan.Klo sering dipegang gampang mati ga’?

  6. yeka Says:

    bro gw pengen nanya, gw punya shanca tapi dia g mau makan gimana caranya padal udah gw kasih tikus

  7. leonard Says:

    saya punya retics sulawesi umur 1 bulan namun panjangnya sudah hampir 1,5 meter,,apakah itu normal,,??

  8. gamstcuy Says:

    ya klo sering dpgang ya gpp lah bwt meidy..
    mlah biar cpet jinak sma lu hrus sring2 dgtuin..

  9. damdam Says:

    Klo matanye kayak kucing
    agak sensitif klo digigit
    bisa Bngkak/bentolan

  10. markova light Says:

    saya pnya python reticulatus ukuran diameter kpala 4 cm, pnjang krng lbih 1 mtr’an.
    Mata kuning, kulit bersih..
    Membedakan betina dan jantan dlihat dari mana yah?
    Trus kira”untuk ukuran sgitu, umurnya brapa?

  11. mas Says:

    retic gue udah mati gara2 gue ketiduran waktu jemur T.T

  12. abdurahman Says:

    fotonya mna bang …

  13. veve_sheaa Says:

    ve mauu pelihara retic neh. . susah gag seh peliharax?? apa retic mau gigit kalo pertama kali kita pegang??

  14. aldy Says:

    saya mempunyai ular retic,tapi ular itu sudah saya berikan dia makan ternyata gak mau makan juga, dan akhirnya ular itu menjadi kurus. gimana cara mengatasinya ?

  15. satwaunik Says:

    bro, mungkin bisa pelajari artikel saya di site dulu dan perhatikan apa anda sudah mencobanya

  16. Rian Says:

    gan..
    aq retic umur 6 bulan..
    dkasih kodok bleh ga??
    karena selalu aq kasi kodok

  17. satwaunik Says:

    gue pikir gak masalah bro. yg penting mesti diajarin/dibiasakan. kalo mereka dah biasa cendrung akan makan spt yg kita biasakan.

  18. farah dini Says:

    ada yg tau ga? ulerku ga mau mkn,,bdanya lm2 kuruss trs byk diem,, gliran di pegang agresif, mw gigit gt,,,gmn? mtlg ya all,,thx

  19. satwaunik Says:

    Halo Farah..
    Kalo boleh tau udah berapa lama ularnya ga mau makan?
    Sebenarnya masih dalam kondisi wajar jika ular tidak makan selama berbulan bulan, tapi jangan lantas dibiarkan saja.
    Coba cari tau kebiasaan makannya. Contohnya, mungkin ular ga mau makan karena biasa dikasih rat terus dikasih mencit..
    Penyebab ular mogok makan ada banyak..
    Bisa dari kandangnya yang kekecilan, terlalu sering dipegang/dimainkan, stress, suhu kandang yang kurang dan lain sebagainya..
    Untuk awalnya, coba mandikan ular di pagi hari terus jemur kira kira 10 menit aja (jangan di siang hari).
    Biasanya setelah mandi, ular jadi lapar dan mau makan.
    Cara lain, coba berikan lampu di kandangnya supaya hangat.

  20. satwaunik Says:

    apa dia udah terbiasa makan kodok..??
    Tapi saran saya kasi tikus, ayam, dll.
    karena kalo kodok:
    - punya suhu badan yg rendah
    - Baunya kurang enak/amis

  21. seffy Says:

    mau tnya dunk, sy 1 minggu yg lalu beli retic ukuran 2M. koq sampai sekarng lom mau makan ya…???

  22. siff_satwaunik Says:

    Hallo Seffy,
    Ga papa kok masih belum mau makan, biarin aja reticnya untuk adaptasi di tempat yang baru.
    Kasih minum aja. Mungkin waktu baru dibeli reticnya juga udah makan. Jangan dipegang pegang dulu kalo bisa biar ular ga stress.
    Klo stress ular akan makin ngga mau makan. Setelah seminggu, coba kasih makan rat atau ayam hidup. Boleh juga kok baca comment coment yang diatas, siapa tau bisa bantu. :)

  23. candy Says:

    Haiiii…

    Aku baru aja beli Retic (Pengalaman pertama plihara ular^^)
    Kata yg jual sih ularnya jinak dan aman untuk anak2..
    Sebenarnya aman nggak sih kalau dimainkan ama anak usia 3th?
    Apa yg harus dihindari agar tidak terjadi hal yg tidak diinginkan???
    Dan seumpama Retic menggigit efek dari gigitannya apa???

    Thx^^

  24. satwaunik Says:

    kalo boleh tau, ukuran retic yg anda beli itu apakah masih baby atau dah besar..?
    Kami tidak menyarakan anak2 (terutama yg masih belita) main-main dengan retic karena retic memiliki karateristik melilit dan lilitannya cukup kuat.
    Dikhawatirkan anak2 sering main2 dengan mengalungkan ular tersebut di leher dan tanpa disadari terkadang ular akan melilit seolah mencekek sehingga sangat sulit bagi anak2 utk bernafas. Kecuali saat mainin ular, mereka didampingi dan diawasi oleh ortu ato orang2 yg paham tentang ular juga.

    Kalo retic, menggigit efeknya adalah terjadinya luka (tidak beracun). Tetapi karena retic memiliki gigi yang cukup banyak dan panjang sehingga ada kemungkinan beberapa giginya akan lepas dan tertinggal di kulit pada saat terjadinya gigitan, dan ini biasanya dirasakan lebih sakit dari luka itu sendiri.
    Dan bisa juga terjadi infeksi dari gigitan ular ini, so kalo terkena gigitan ular retic ,sebaiknya segera dibersihkan dan diobati serta perhatikan juga jika ada gigi ular yg tertinggal atau tidak.

    Kalo ada yang kurang jelas, nanti kami tambahkan lagi. Thanks

  25. enjay Says:

    Gan ane pngn tnya,ane pnya uler umr 5 bln.wktu bli jinak,tp bru ane tnggal 1 hari uler na jd liar.knp ya??n gmn cra jinakin na??
    Mksh.

  26. candy Says:

    Terimakasih untuk jawabannya….

    Retic aku jenis DWARF kata yg jual panjang maksimum cuman 2,5m
    Sekarang ularnya umur 10bln…
    Panjangnya sekitar 90cm…
    Kalau dengan ukuran dan jenis ini apakah aman untuk anak 3th???

    Bila tidak aman, kira2 jenis ular apa yg cocok untuk anak 3th..

    Thx again (^^)

  27. satwaunik Says:

    Saya pikir untuk anak 3 tahunan (balita) sangat riskan utk memberikan peliharaan ular jenis python retic baik yg dwarf maupun yg biasa.
    Saya sarankan utk anak-anak seurumur itu sebaiknya dikasikan pet berupa ular jenis colubride atau kura-kura. kalo pun mau jenis python sebaiknya ball python yg ukuran kecil dan mesti tetep diawasi terutama kalo mereka memainkan ular di depan wajah/mata dan melilitkannya di leher.
    dan jujur aja saat ini saya punya 2 orang anak ( pertama umur 3 thn 3 bulan dan kedua umur 2 tahun). pet mereka adalah baby ball python, kura-kura unifilis, emperor scorpion ( mild venom) dan sering maen-maen dengan king snake&corn snake. Dan ingat kita juga mesti tetep mengawasi mereka sambil memberikan edukasi pada mereka ttg reptil dan cara handlingnya.

  28. candy Says:

    Hmmmm….

    Terimakasih sekali lho buat masukannya… Sangat bermanfaat dan informatif….

    Btw ular retic harus lembab ya kandangnya?
    Bagaimana cara menjaga kelembabannya?
    Dan bagaimana ciri ular yg sedang stress???
    Kok aku kasih makan tiput dia nggak napsu… Malah jadi berteman gitu kelihatannya… hehehe (^.^)

    Thx buat jawabannya…

  29. satwaunik Says:

    lembab bukan berarti basah ya.
    Biasanya ditempatkan baskom/kotak plastik berisi air sebagai tempat minumnya.
    Namun kelemahannnya ular kadang2 suka naikin baskomnya and kebalik trus basah deh kandangnya :-(
    Dari jenis kandang juga memperngaruhi. kandang berbahan plastik jauh lebih bagus kelembaannya dibandingkan dengan kandang dari kaca.

    Salah satu ciri ular strees adalah ular merasa gelisah di dlam kandang dimana kepalanya selalu berupaya untuk mencari-cari celah utk keluar.

  30. candy Says:

    OOooo…. (^0^)

    Oke deh kalau begitu…
    Akan aku perhatikan tingkat kelembapannya…

    Makasih banget ya, ntar kalau ada asalah aku nanya2 lagi…
    hehehe

  31. candy Says:

    Permisiiii….

    Numpang tanya lagi nih…
    Kok ular aku nggak mau makan ya???
    Udah 2 minggu nih… Malahan kesan yg aku tangkap, ularnya berteman aman tikus putihnya!!!
    Hikzzz gimana ya ini???

    Makasih untuk jawabannya… ^^

  32. satwaunik Says:

    gak usah panik begitu, ular gak makan itu hal yg biasa.
    yg penting gak ada gejala2 clinis kalo dia sakit biarin aja, en coba lagi minggu depannya. mungkin aja ularnya lagi stress so utk sementara jgn diganggu dulu ularnya ya, pestikan juga kandangnya baek2 aja.
    ular keliatan berteman dengan tikus, karena ular lagi gak mood maen makanya dia biarin aja.

  33. candy Says:

    Ooooo….. oke deh…
    Makasih ya buat pencerahannya…

    Maklum masih benar2 buta soal per’ularan… ^^

  34. joshua Says:

    kak, aku punya retic belinya hari rabu 3 nov. pas aku taruh di kandang ularnya selau naik terus kandangnya kandang plastik .pas har i jum’at kemarin aku pulang sekolah kemarin,ularku sembunyi di bawah klong kasur trus adik saya punya hamster dan hamsternya lepas ularku juga lepas sama ularku hamsternya di ditubruk sampai terlempar apakah itu stress ???

  35. cy_moet Says:

    gan,gw baru beli retic pyton 5 hari yg lalu,,,kira2 cara tahu betina or jantanny gmn gan?gw bgung,mslhny gw pemula…

  36. peter Says:

    wah benar2 artikel yang sangat bagus. saya sebagai pemula merasa sangat terbantu sekali dengan web ini. btw sekalian mau nanya boleh? ;p. kapan hari saya beli reticulu, jinak sih dipegang2 mau, terus setelah sampai rumah saya pindah di akuarium, sudah saya kasih tikus nggak dimakan, saya sudah googling katanya stress, jadi ada baiknya jangan dipegang dulu. ini sudah sekitar 4 hari tidak saya pegang, barusan saya mau membersihkan kandangnya, si ular kok jadi agresif ya? yang dulu dipegang tidak apa2 tadi tangan saya hampir digigit. ada solusinya kah? terima kasih sebelumnya :)

  37. Catur Says:

    aq cinta bgt ma retic tp dah 2x pelihara bayinya sktr 1,2meter mati terus… karena sariawan n ga mau makan, mau tanya sebabnya n cara sembuhinnya, btw ada yg jual retic ukuran sedang ga aq mau tuh…

  38. nd21 Says:

    artikel ini sangat membantu untuk para pecinta retic.

  39. kyky Says:

    ak pelihara baby retic pertama kali skitar 4 bulan trus mati, msh bingung juga knp, apa krn srg ak pegang tiap hari n ak mandiin? hbs gnt kulit makanya lahap, ak tgu 2 mg ko ga mw makan (apa mungkin stress) dan akhirnya keriput, trus mati.. ini ak pelihara lagi, msh baby juga tp br dua hari kyknya gelisah trus, msh galak jg, baiknya gmn ya??

  40. Echa Syahputra Says:

    Halo Gan..sya mw Minta Bntuan Nech…Sya Pux Ular Phyton Retic..tpi sya dpat Nemu d Halaman Blkang Rumah,awalx dia Liar n msh Muda (Msih Trgolong anak Ular) juga Msh pux Gigi..stelah Sya Tangkap syg lngsung Mncabut Gigix Pakai Pinset,,kira2 udah sekitar seminggu sya Plihara tpi Gtu2 doank,kadang d Pegang2,dimainin, akhirx Retic Sya kliatan Lemas,,yg sya ingin Taxkan Apa sich Mkanan Yg bgus buat Retic sya,,jga Apakah Ular retic sya bisa Mnum Sndri atau tdk..?? Trus 1 lg Nech,sya sdh buatkan Kandang,tpi kndangx Hmpir Mirip Prangkap Tikus Gitu Deh,,stlah Sya Msukin Retic sya kekandangx,,Retic sya mncari2 Celah untk Kluar,sya Minta tlong Donk kira2 Kandang yg Cocok Untk Retic Sya Apa Gan skalian Mkanan yg Cocok bwt dy Apa..?? Mhon Bantuanx Yach…makasih bxk

  41. siff_satwaunik Says:

    Waduh bro, kok sadis gitu, gigi ular dicabutin pake pinset? Sama kaya manusia, ular butuh gigi buat makan bro.. Gimana ngga lemes klo ngga bisa makan? :(
    Tolong sediain kandang khusus untuk ular, kandang seukuran perangkap tikus terlalu kecil. Kandang khusus ular bisa dibeli di toko peliharaan hewan, namanya gex, bentuknya kaya aquarium, terus kasih tempat buat sembunyi & tempat minum (boleh pake asbak kaca atau mangkuk yang agak berat, isi air bersih). Dan yang paling penting: JANGAN DIPAKE MAINAN DULU.. Bisa bisa ularnya stress, ga mau makan & mati. Apalagi ini ular tangkapan. Makanan ular biasanya tikus putih, kalo udah agak besar bisa dikasih anak ayam atau bebek. Tolong banget ya bro, lain kali jangan pernah cabutin gigi ular.. Ular butuh gigi untuk mencengkeram mangsanya & membantu mendorong makanan masuk ke tenggorokan. Mudah mudahan ularnya bisa bertahan hidup aja deh. :(

  42. nosferathu Says:

    Gan,mo mohon info untuk penanganan baby sanca kembang ya..panjang ular kira kira 1 m..pertanyaannya utk
    1. ukuran 1 m bagusnya dikasih makan apa?
    2. waktu makan bagusnya berapa hari skali?
    3.waktu pemberiaan makan pagi,siang,sore ato malam?
    Oya,baby sanca ini gw dapatnya masih liar,bukan beli..
    Ditunggu infonya gan
    Thx a lot

  43. siff_satwaunik Says:

    1. Boleh dikasih tikus putih atau anak ayam, yang penting sesuaikan dengan ukuran badannya ya..
    2. Tergantung ularnya, tapi biasanya sih seminggu sekali.
    3. Ini juga tergantung dari ularnya, sebagian ada yang lebih suka makan saat gelap, dan sebagian ngga masalah makannya pagi, siang atau malam.. Dicoba aja kasih makan dulu, biasanya sanca kembang ngga rewel kalo soal makan kok..

  44. eka yuda Says:

    haloo bro,,,
    sy yuda/n pertm x ny sy mmlihara ular.sy br j dpt.kr2 1mnggu.slm tu egk m mkn,p sbabny dan p mknnanny,,udh sy ksh kodok,tp ttp egk m mkn
    yg plng pnting,gmn cr perawatanny

  45. arya Says:

    saya mo tanya ni pak!!?? gmn sih crnya bedain ular ballphyton betina dgn jantan lo dilihat dr fisik aj??? perbedaannya fisiknya ap betina dgn jantan???

  46. lhie Says:

    Mw nanya ne,.??? punya cornsnake ghost,.trs gmn biar dy nyaman d kandangnya?slama ini kandangnya akku ksi box plastik rada gede trs akku kasih tempat minum lmyn gde skalian bt berendam,.kira2 sehat g?apa g kedinginan y?alasnya akku ksi karpet,kira2 ularku itu gigit g y?kl gigit akibatnya spt apa?setiap hari sebisa mgkn akku pegang,.bs stres g y?maaf baru pemula,.uiya panjangnya kira2 1meter,.tq

  47. lhie Says:

    Mw nanya ne,.??? punya cornsnake ghost,.trs gmn biar dy nyaman d kandangnya?slama ini kandangnya akku ksi box plastik rada gede trs akku kasih tempat minum lmyn gde skalian bt berendam,.kira2 sehat g?apa g kedinginan y?alasnya akku ksi karpet,kira2 ularku itu gigit g y?kl gigit akibatnya spt apa?setiap hari sebisa mgkn akku pegang,.bs stres g y?maaf baru pemula,.uiya panjangnya kira2 1meter,.tq

  48. lhie Says:

    Maaf sblmnya nanyanya salah tmpt,.tp lagii binun banget ne,.baru pemula pelihara ular,.mksi

  49. siff_satwaunik Says:

    Box plastik apa ya..? container gitu?
    Bagus tuh, udah dikasih tempat minum, ga masalah tempatnya gede atau kecil yang penting ngga menuhin tempat aja.. :) terus klo udara lagi dingin, mending dikasih heater aja, pake lampu UV, masangnya jangan terlalu deket ma kandangnya.. Buat alas, mendng pake koran bekas aja.. selain murah, bersihinnya lebih gampang.. Kalo karpet, biarpun ngga akan digigit ma ularnya (ular ngga akan iseng gigitin karpet kaya anjing kok.. hehe…) tapi pemakainanya ribet karena harus dicuci klo kena kotoran ular… Terus sebisa mungkin malah ngga usah terlalu sering dipegang sih.. takutnya stress..

  50. danker Says:

    mas bro… saya br saja nangkep ular sanca kembang panjang 1,5m..
    tp bingung merawatnya.. coz msh newbie… dikandangnya takkasih kodok sawah tp kok ga dimakan.. gimana cara nyuapinnya..

  51. siff_satwaunik Says:

    Klo baru aja nangkep, kemungkinan ularnya masih stress bro.. Biarin aja dulu sampe terbiasa ma lingkungan barunya, abis itu, kasih makan tikus rat yang putih atau ayam yang sedang. Ngga usah disuapin bro, ularnya bisa makan sendiri kok. hehe.. klo disuapin ntar malah tangannya mas bro yang disamber..

  52. jacki james potter Says:

    mau nanya nich ,saya punya retic umurnya baru 1 bln, tolong tips supaya ular retic cepat besar . dan tnya juga nich kalo kandang nya kedap udara boleh ngga,terus ularnya kagetan dan kadang gigit .kalo mkan slalu di suaping terus di dorong pke lidi . ga mau diem ularnya ohya mau tanya kalo umur 1 tahun kira2 panjangnya brapa ya”"tolong jawabya soalnya saya baru plihara retic dan biasanya ular2 kecil

  53. jacki james potter Says:

    tanya nich tips supaya retic cepat besar makanya apa

  54. jacki james potter Says:

    mw anya nich saya punya ular retic matanya kaya kucing teruz dia kagetan dan suka gigit umurnya 1 bln gimana sih nanti klo udh besar apa masih gigit kan takut kalo dah besar mohon dijawab

  55. jacki james potter Says:

    owh ya soal kandang bisa mati ngga k’lo kandangya kedap udara terus mau tanya umur retic yang sudah siap reproduksi berapanya….?????????

  56. siff_satwaunik Says:

    Ular otomatis akan tumbuh besar & sehat kalo meliharanya bener bro.. Kasih makan rutin 3 hari atau seminggu sekali, kasih anak ayam atau tikus kecil, biarin aja dia makan sendiri, ga perlu disuapin apalagi didorong dorong pake lidi.. Bisa mati keselek tuh ular.. kasih air bersih di kandangnya buat minum.
    Kandang kedap udara? Kasian banget reticnya.. Semua makhluk hidup butuh udara buat nafas bro, termasuk ular.
    Beli deh kandang khusus ular, merk Nixxo atau Gex. Bentuknya kaya aquarium tp bahan acrylic. Tutupnya bolong2 jadi sirkulasi udara bagus.
    Ularnya kemungkinan besar stress tuh bro.. Udah ga bisa nafas krn ga ada udara, makan harus disodok sodok pula.. :(
    Buat jelasnya, baca artikel diatas deh, kan udah dijelasin semua tuh..

  57. Obay Says:

    Gan klo caranya bedain retic jantan ato betina gmana ya??? n ciri2 jantan ma betina gimana????

  58. wans thea Says:

    numpang share nih.. temen saya pernah beli retic di daerah bandung, reticnya udah jinak dan makan nya rutin seminggu sekali… suatu hari saya di titipkan ular tsb karena si pemiliknya sedang berlibur. sebagai “newbe” saya pun langsung bisa menghandle si ular sampai makan… :D 3 tahun kemudian saya menangkap se ekor baby retic di belakang rumah tetangga saya… berawal dari pengalaman ular teman saya, saya tidak ragu2 lagi, saya langsung menangkap dan melilitkan si ular di tangan saya sambil maen remi bersama teman2 saya hehe keesokan harinya saya langsung hunting kodok untuk pakan untuk si ular.. tapi doi gak mau makan sampe saya kasian liat nya hari demi hari saya coba berbagai makanan seperti kodok, cicak, ati ayam, burung ciblek, dan gak ada satupun yang dimakan. :( setelah hari ke sepuluh, dore hari ada seekor kucing yang membawa induk tikus, langsung saya rebut.. hehe tapi si tikus terlalu besar untuk si retic, akhirnya saya penggal kepala si tikus saya diamkan di kandang ular… saya tunggu sampe ketiduran pas magrib saya bangun si kepala tikus sudah di dalam perut si ular, alhamdulillah… akhirnya retic saya mau makan juga heheh… dan sampai saat ini saya tidak berhenti searching di internet tentang penanganan ular… :D

  59. rinaldi Says:

    Om , ular gue retic nih Betina usia 1thn , panjang 2,5 meter , sebaiknya berhenti diberi makan seminggu / duaminggu sekali pada usia berapa ? Takutnya overweight gitu hehe , kalo udah siap kawin biasanya usia berapa om ?
    Mohon infonya , thank’s a lot :)

  60. andryphyton Says:

    ak pnya ular phyton, tp ga mw mkn wlpun dh di ksh tikus kcil,tlong bntuanya, trimakasih.

  61. abdu Says:

    bang saya punya retic baby jawa di sisik nya ada parasit terus mulutnya sariawan cara penyembuhan sama obatnya apa ya bang ?

  62. siff_satwaunik Says:

    Buat sariawan biasanya kita pake Nutrimoist, diolesin ke bagian yang sariawan 2 kali sehari.
    Selama ini ngga ada efek samping dan tidak berbahaya bila tertelan. Kalo masalah parasit, biasanya ilang sendiri setelah shedding, tp coba aja mandiin pake air daun sirih..

  63. fathir Says:

    saya mua nanya nih gan saya baru pertama memelihara ular jinis retic pas saya beli memeng ular tu jinak tautaunya pas saya masukkin kekandang pas saya mau pegang ular itu menggigit saya dikira saya ular saya stress,saya tunggu tuh 3 hari tanpa pegang pas saya pegang lagi eh saya di gigit lagi gan.tu ular kenapa ya gan apa stess apa jarang di pegang?.pliss saran nya

  64. sakti Says:

    gan saya udah 2 minggu kmarin beli retic,masih baby.sudah saya piara 3 hari trus hilang,kira2 mau kembali apa enggak ya

  65. siff_satwaunik Says:

    Yah berdoa aja supaya bisa balik boss. :)

  66. ekocool putra kumai Says:

    q nemu ulr pyton tp msh kcil waktu q tmuin prutnya gembung,,,,it knp ya,,,,????trs q msukin kandang kira-kira ukuran 30×15 trus dia diam z q bingung makananya ap coz d sni susah nyari tikus……

  67. siff_satwaunik Says:

    Perutnya gembung ya paling abis makan tu.. Biarin aja di kandangnya, kasih air minum.. Kalo udah waktunya makan, kasih tikus, kalo susah nyari tikus, kasih burung atau anak ayam.

  68. kevin Says:

    bro maw tanya nie, ane kan abz bli retic java umur 1 bulan, tuw pertama – tama jinak banget, tpi akhir” nie mulai agx sensitif alias agx suka nyerang, need saran please, n thx

  69. Rudy Says:

    Saya baru sebulan memelihara retic. Yang ingin saya tanyakan : Saat ini berhubung si retic masih blm dewasa maka saya tidak kuatir jika ada kemungkinan diserang / digigit. Toh digigit ular kecil.
    Ular saya ini jinak sekali . Tetapi , akan ada harinya dia menjadi besar. Apakah retic umur setahun / dua tahun ( jinak ) tetap aman dan tidak menggigit jika kebetulan saya ada perlu keluar kota /keluar negeri selama 2 minggu tanpa ada kesempatan menghandle ular tsb ?
    Karena digigit ular besar jelas tdk sama jika digigit ular kecil.
    Thanks..

  70. Adink Says:

    Sis, aq mau nanya ne,aq kmarin nangkap Green tree phyton..pnjngx 1 Meter lebih…itu makanx apa?trus apa ularx itu minum tiap hri y?atw sma kyk makanx sminggu skali?thanks sis….

  71. siff_satwaunik Says:

    Wah, nangkep dimana bro..? Udah jarang banget tuh kalo bisa nemu gtp liar.. Ular ada yg minum tiap hari, ada yg ngga, selalu sediain aja air bersih di kandangnya, isi kalau habis, ganti kalo kotor..

  72. christopher. s Says:

    Sy mw tny klo pelihara retic kandangnya hrus ad propertinya seperti btang kayu dan tanah gk trus kan kandang yang sy pnya ad celah celahnya suka suka ular reticnya mencoba untuk terobos kandangnya sampe kepalanya lecet gmna caranya agr ularnya gk mencoba untuk terobos kandangnya ap itu termasuk gejala stress. Thk bwat jawabanya

  73. siff_satwaunik Says:

    Properti? Maksudnya asesoris kali ya? Ngga harus sih, tapi kalo ada ya lebih bagus. Lagian kan retic bukan ular pohon jadi ya sah sah aja ngga pake kayu di kandangnya. Ganti kandangnya dengan kandang yg layak, sediakan tempat minum dan tempat sembunyi buat ular. Bersihkan kandang klo kotor. Tempat sembunyi bisa dibuat dr pot plastik yg dilubangi, tergantung besar kecil ularnya.

  74. rizki pandu Says:

    dimanakh temat tinggal sanca kembang

  75. windan Says:

    Gan saya mau tanya..saya beli retik sekitar sebulan yg lalu..pertama mau di kasih makan trus pas 2 minggu kemudian saya kasih makan dia ga mau makan..malah si tikus nya di biarin aja!!kira” knp ya dan minta solusinya…thx

  76. rama Says:

    bos,mqu tnya,sy beli retic,kt nya dah jinak,tpi pas baru sampe,sy mau ambil,malah gigit,tu knp ya?
    dan apa si retic bisa kembali jinak klo udah beradaptasi?
    gmn cra jinakin nya,cz masih pemula.
    mohon bantuan nya ya.

    sekalian sy jual retic 150
    08999006569
    jaksel.

  77. Anggie Says:

    Gan, Retic aku umur 10bln, nggak mau makan hampir 3minggu :(
    Mau tanya, ukuran kandang ideal berapa?
    panjangnya 1,2m
    terima kasih.

  78. maya Says:

    permisi mau tanya..
    ak baru aja punya retic.. umurnya baru 5hari ..
    gimana nih cara peliharanya kalau masih sekecil ini..kata yang jual blm boleh dikasih makan jg..
    :p

  79. maya Says:

    permisi, mau tanya…
    saya baru aj beli retic umurnya baru 5hari,,
    bingung ni mau diapain,,
    kata yang jual blm boleh dikasih makan kalu belum shading to..
    kalau dikasih cicak boleh ga ya..hoho
    mohon bantuannya..
    ;p

  80. raziz Says:

    kenapa phyton retic gak mau makan kodok gan ?

  81. raziz mardiansyah Says:

    kenapa phyton retic gak mau makan kodok gan?

  82. ansha Says:

    aqhuw pnya ular retic ukrnny kira” 2m. cra jinakinny gmna y

    thnks

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.