Satwa Unik
May
3

Burmese python (Python molurus bivittatus)

Name: Burmese Python

Nama Latin: Python molurus bivittatus

Negara
Asal: Asia Tenggara, IndonesiaSize: Burmese pythons bisa mencapai panjang 17 to 18 feet dan berat mencapai 200 pounds or lebih. Sangat mungkin ular ini dapat mencapai panjang 10 feet pada 18 bulan. Rekor yang tercatat adalah 26 feet

Umur : Burmese pythons dapat mencapai 25 tahun atau lebih dalam pemeliharaan yang baik.

Perhatian : Dikarenakan ukuran yang besar serta panjangnya ular ini sangat tidak dianjurkan untuk pemula. Memelihara ular ini diperluakan suatu keseriusan dan tidak jarang pula investasi yang sangat mahal. Disebabkan karena tidak adanya penanganan yang memadai ular ini akan menyebabkan kematian. Salah satu contoh adalah mengalungkan ular ini di leher. Penampilan

Umum: Dengan tersedianya jenis yang banyak di penangkaran, sekarang bisa diperoleh bermacam warna dan jenis. Yang paling populer adalah Albino, Hijau, labyrinth, Granit, Tiger.

Kandang :Seekor Burmese Python ukuran kecil membutuhkan tempat paling minim seukuran aquarium 20 gallon atau lebih, sampai dia mendapat tempat yang lebih besar. Di karenakan ukuran yang besar kadang harus di buat dengan ukuran minimal : 6 – 8 feet panjang X 2 – 4 feet lebar X 3 – 4 feet tinggi. Sangat tidak disarankan menggunakan kayu yang belum finishing dikarenakan lebih mudah cepat rusak. Temperatur: Siang Hari 85° to 90° F, dengan tempat berjemurnya antara 90° to 93° F. Malam hari temperatures berkisar at 75° to 80° F.

Pemanas dan Penerangan : Lampu UV tidak diperlukan, untuk ular jenis ini. Pencahayaan sekitar 10 sampai dengan 12 jam bisa menggunakan lampu pijar biasa. Menggunakan lampu pijar sebagai pemanas atau keramik penghantar panas dapat juga di pakai sebagai penghangat. Pemanas dari batu santa tidak di anjurkan karena bisa overheat dan membuat ular terluka.

Alas : Indoor / Outdoor carpet model Atroturf TM dianjurkan dalam pemakaian karena mudah dibersihkan dan anti bakteri, selain itu yang paling mudah adalah koran, sangat tidak disarankan mengunakan Alas yang mgandung Cedar karena Cedar mengandung racun yang bisa membunuh ular.

Lingkungan Tempat tinggal : Dikarenakan ular ini berasal dari Hutan Tropical basah, jadi memerlukan kelembaban yang sesuai. Terlalu lembab dapat menimbulkan tumbuhnya bakteri maupun jamur demikian halnya apabila terlalu rendah kelembabannya menyebabkan terjadinya masalah dalam pergantian kulit. Di dalam kandang juga bisa disediakan air untuk menjaga kelembaban, tetapi harus di ingat bila malam harus di keluarkan dari kandang karena akan meningkatkan kelembaban..

Diet: Setelah menetas Burmese pythons bisa makan tikus dewasa ukuran kecil sebagai makanan pertama mereka, Burmese pythons dewasa memerlukan kelinci sebagai makanannya, dalam pemebrian makan tidak boleh terlalu sering karena berakibat pada obesitas. Apabila memberikan makan dengan makanan beku harus dicairkan terlebih dahulu guna mengurangi resiko terlukanya ular karena makan makan yang masih beku. Sangat tidak dianjurakan memberi makan dari bianatang liar karena mungkin masih mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan ular.

Perawatan dan Pembersihan : Kandang harus dibersihkan setiap hari, apa bila menggunakan indoor/outdoor carpet sangat disarankan mempunyai dua untuk dipakai bergantian, pastikan telah mencuci dan mengeringkan carpet sebelum di pakai lagi. Air yang di dalam kandang harus juga diganti setip hari guna menghindari bakteri yang mungkin masuk bersam kotoran ular. Sanagt disarankan mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang ular.

Posted in Animal Care | RSS Feed | 11 Comments »

11 Responses

  1. au Says:

    slm kenal semuanya, maaf cuman mo minta saran/tips cara melihara phyton jenis morelia viridis baby yang baik dan benar. biar bisa tumbuh sehat dan jinak.soalnya ada rencana meliahara, aku ini masih awam soal ular.karena biasanya pelihara hamster.
    makasih boss.

  2. chriztina Says:

    guys ada yang tau nggak kalo uler yang bisa dipelihara sama pemula,..
    soalnya selama ini gw cuma miara punya temen,,.
    pengennya siy phyton….

  3. gie Says:

    kalo buat pemula sih mending phyton reticulatus,lebih mudah ngerawat n cepet jinak.aku punya retic umur 6bulan.

  4. Dimeister Says:

    gw pemula, saat ini lagi miara molurus. sejauh ini sih aman2 ajah. perawatan juga ga terlalu rumit. jinak total pula… ;p

  5. irawaty Says:

    tolong tanya, bgm caranya menernakkan molurus albino? sejak ganti kulit tg 17 juni yll, molurus jantan saya jadikan satu dgn yg betina. tp sp skg kok blm mau kawin ya? tolong saran2nya.
    terima kasih.

  6. siff_satwaunik Says:

    Menernakkan molu gampang gampang susah.. Banyak hal yg harus diperhatikan.. Salah satu yang paling penting adalah apakah ular sudah cukup dewasa untuk kawin, kalaupun sudah cukup dewasa, apakah berat badannya terutama yang betina sudah mencukupi. Selain itu perhatikan juga musim kawinnya, apakah sudah musimnya atau belum.

  7. ian Says:

    Minta info, saya punya baby molu usia kira” sekitar 1 bln, sudah shading pertama. Saya coba beri pinkies tapi masih tidak mau makan. Apakah makanan yang cocok buat molu baby dan kapan bisa mulai makan? sekalian minta info setting kandang yang cocok atau ada perlakuan khusus untuk baby. mohon saran”nya.
    Terima kasih.

  8. siff_satwaunik Says:

    Dikasih pinkies udah bener bro.. Mungkin emang belum mau makan aja.. Biarin dulu aja sekitar seminggu, abis itu coba kasih makan lagi.. Kalo soal kandang, ngga masalah pake kandang dari acrylic, yang penting harus dijaga kebersihannya.. :)

  9. Rizky Says:

    Saya punya molurus jitot mash 1 mter n, add fb saya: Punk’ngeran Rizky TR

  10. reza Says:

    Hai gays.
    Salam love reptilian.
    Gini ingin punya mulorus. Tpi heheh. Pulus gue blum cukup ni.
    Kira2 ular mulo jenis ap yg harganya agk murahan ya.
    Trimakasih.

  11. felix Says:

    Kalo mau molu yg murah saya saranin molu normal aja. Tapi semurah2nya molu, harganya pasti 300 up.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.