Satwa Unik
May
3

Sand boa ( Eryx colubrinus )

Nama : Kenyan Sand Boa, Egyptian Sand Boa, East African Sand Boa

Nama Latin : Eryx colubrinus

Asal Negara: East Africa; Egypt south to Tanzania; southwest Somalia west to Kenya

Ukuran : Ular Kenyan sand boas secara umum lebih besar dari pada yang jantan, bisa mencapai 66 Cm sampai 82 Cm dengan berat 2 pound, ada yang bisa mencapai panjang 101 Cm, jantan biasanya mencapai 38 Cm panjangnya.

Umur : Bisa mencapai umur 15 tahun.

Penampilan secara umum : Kenyan sand boa dan Egyptian san boa sama- sama memiliki badan yang besar namun kepalanya kecil, matanya kecil dan ekor yang pendek. Kenyan sand boa memiliki warna oranye kombinasi dengan bercak coklat gelap. Sedangkan Egyptian sand boa memiliki warna kuning kombinasi dengan bercak coklat gelap. Tapi sekarang sudah ada berbagai warna lain termasuk albino dan axnthic.

Kandang: Kenyan sand boa Betina dewasa bisa di tempatkan di kandang yang berukuran sekitar 20 gallon aquarium, sedangkan jantan di tempatkan di kandang berukuran 10 gallon. Secara umum Kenyan sand boa betina bisa menempati ruangan dengan ukuran 1½ sampai 2½ square feet of floor, sementara Kenyan sand boa Jantan 1 square feet of floor.

Temperatur: Kenyan sand boas sangat tahan terhadap temperatur yang sangat tinggi speerti 15 sampai 100 F, tetapi mereka bisa lebih baik di pelihara di temperatur berkisar 26 s/d 29 F. dengan tempat berjemur 90 to 95 f, pada malam hari temperatur bisa di turunkan antara 75 sampai 77F. Heat/Light: Untuk Pecahayaan Kenyan sand boa tidak memerlukan penyinaran selama 24 jam penuh, dan apa bila diperlukan gunakan lampu neon yang bisa mengurangi panasnya lampu pijar. Apabila menggunakan pemanas jangan gunakan pemanas yang model batu akan membuat Kenyan sand boa terluka karena overheat, dop lampu berwarna merah atau keramik penhantar panas bisa digunakan sebagai penghangat. Pemanas dibawah aquarium juga bisa digunakan untuk membantu mempertahankan panas. Sangat dianjurkan melakukan pengecekan dengan thermometers.

Alas: Kenyan sand boas require three to five inches Alas yang bisa membuat mereka manggali kedalamnya. Aspen atau pasir dan tanah sangat baik untuk alas. Apabila menggunakan pasir atau tanah harus dicampur dengan sedikit air agar memudahkan Kenyan sand boas menggali.

Lingkungan / Aksesories : Kenyan sand boas adalah jenis ular yang suka menggali jadi tidak memerlukan tempat sembunyi atau pun ranting dan dahan untuk memanjat. Hanya saja diperlukan tepat yang kelembabannya baik pada saat ganti kulit.

Pemberian Makan : Kenyan sand boas sangat menyukai binatang pengerat misalnya: kelinci, tikus. Kenyan sand boas yang baru menetas bisa diberi makan pinky/anak tikus. Kenyan sand boas Betina Dewasa bisa makan tikus dewasa yang ukuran kecil, biasanya pemberian makan hanya 1 kali dalam 1 minggu. Selama musim dingin biasanya tidak makan, tanpa menunjukan gejala sakit.

Perawatan : Air bersih harus diberikan setiap hari, Kandang harus dibersihkan dengan teratur, dan diberi anti bakteri. Sedikitnya 5 % pemutih pakain bisa di pakai sebagai anti bakteri, pastikan memnyci dengan air bersih setelah memberi anti bakteri. Seperti biasa selalu bersihkan tangan setelah memegang ular dan membersihkan kandang.

Posted in Animal Care | RSS Feed | No Comments »

No Responses

  1. ivan Says:

    tu ular wmang warna warni gitu yah?… sala lg mulai pelihara ular, sedang cari ular yang cocok
    ada nomor telp untuk kontak person?

  2. Candra Says:

    wah,keren ya.
    apakah perlu sign up dulu untuk dapat mengikuti update reptile info?
    thx.

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.